Monday, November 24, 2008


DUMELAN PENDEK

Kita sering sekali meneriakan kesetaraan, equall, persamaan dll yang menuju untuk persatuan tanpa memandang jenis kelamin. Tapi aku ajak lagi kepada kalian semua untuk lebih mengingat lagi apa yang pernah kita teriakan. Ajakan ini untuk semua laki-laki dan perempuan, setengah laki-laki ataupun setengah perempuan.

Apakah kita bisa menyebut kesetaraan kalau masih banyak perempuan yang mengambil keputusan untuk dirinya sendiri harus selalu bergantung kepada pacarnya. “pokoknya kamu kalau mau kemana-mana harus bilang dulu sama aku ya?”alih-alih kita khawatir sama sang pacar………

Apakah kita bisa menyebutnya kesetaraan kalau banayak perempuan tidak boleh pergi jika tidak dapat izin dari sang pacar,misalnya; “gue gak ikut reunion ah gak boleh sama cowok gue, ntar dia kecewa lagi”.Itu sih bagus karna kita memang sayang, tapi coba deh hal tersebut kita kurangi, toh semua orang ingin bebas pergi kemana aja tanpa ada yang melarang. Mungkin dengan hal itu akan membuatnya sedikit lebih mandiri.

Apakah kita masih menyebutnya kesetaraan kalau segala keputusan bahkan sekecil apapun keputusan itu harus dengan keputusan satu pihak saja, dalam hal ini pihak laki-laki……

Apakah kita masih menyebutnya kesetaraan kalau perempuan maunya diboncengin melulu, duduk disebelah kanan disaat naik mobil, atau digandeng ketika menyebrang, dibawakan tas ranselnya ketika naik gunung…..

Apakah bisa disebut kesetaraan jika banyak perempuan diragukan kemampuannya dalam melakukan sesuatu, misalnya dalam hal diskusi atau debat coz it`s man`s thing, atau lu gak usah belajar naik motor deh ntar jatuh lagi….

Apakah masih bisa disebut kesetaraan kalu perempuan itu hanya di identikan dengan urusan rumah tangga, misalnya; “elukan cewek, masak dong, ngepel dong……..

Apakh masih disebut kesetaraan jika banyak perempuan menganggap dirinya CANTIK dan IDEAL dengan memakai parameter fisik untuk sebuah pembuktian…

Apakah masih bisa disebut kesetaraan jika wanita dilarang pulang malam dan kemudian di cap `wanita gak bener` oleh keluarga dan lingkungannya. Misalnya, “eh elo kan cewek jangan pulang malam ntar kenapa-kenapa lagi dijalan, hasil diskusinya ntar kita kasih tahu deh”…

Apakh masih disebut kesetaraan jika masih banyak tubuh perempuandijadikan obyek lelucon atau objek obrolan yang `panas` dalm sebuah perbincangan seru…

Apakah masih disebut kesetaraan jika masih banyak perempuan menyerahkan, menyalahkan, dan idak mau melawan sesuatu yang terjadi atas dirinya karena takdir….

Aku mempertanyakan kembali kepada diriku sendiri, kepada kalian semua mengenai kesetaraan, equality dll?

Sudah saatnya kita memberikan kebebasan kepada setiap perempuan untuk dapat mengambil segala keputusan, untuk dapat bertindak, untuk dapat merubah takdirnya sendiri sesuai dengan kemampuannya…

Cheeerrrrssssss…..


9 comments:

Dhika bahri said...

Nais reading... Yah kembali lg pada kepribadian masing-masing itu perempuan, toh klo dia mau memperjuangkan equality(kesetaraan) dia akan setuju dengan tulisan ini, ada juga yang ragu-ragu dan bahkan ada yang tidak setuju dengan tulisan ini.. tp klo gw milih perempuan yg punya kesetaraan..he ;)

Andretty Julian said...

Mpe kapan pun gw ga akan pernah percaya ma yg namanya kesetaraan antara cowo dan cewe far,.seringkali cewe itu sok tau, pengennya macem2,tapi terkadang kemampuannya terbatas..alhasil yang ada malah nyusahin cowo2,.makanya percaya kalo dikasi tau..bukannya mo merendahkan martabat wanita si, tapi coba de pikir lebih baik kan kalo wanita itu dilindungi oleh pria???

All That... Peter... said...

wah...wah... Far,ngedumel mba?!hehe...
Tapi gw setuju jg tuh.Menurut gw banyak cewe yg diperlakukan gitu karena cowonya sendiri yg agak kolot dan lebay abis.Kalo kasih gw sih yg namanya cewe bis mandiri tuh oke abissss...Emang setara kok menurut gw.Tapi kalo urusan pacar-memacar, mungkin cowo cenderung mempertahankan kodrat.Buan masalah kesetaraan, tapi masalah keyakinan tiap-tiap cowo aja yg selalu mau sok pahlawan di depan cewe.Mungkin itu motifnya

Admin said...
This comment has been removed by the author.
rangga samudra said...

bagus juga posting lo tapi cewe dan cowo gak bisa setara .....

fitryaa feat dolemon said...

beybikuu..
pertama2 aku mo bilang, hidup wanita!! hahaa..
sampe kapanpun kesetaraan gender emang ga akan ada habisnya buat dibahas. tp gw setuju kok kalo cowok dibilang pemimpin yang otomatis ada di atas cewek. secara itu kan ada di agama kita kan yah??
tapiiii... gw ga setuju bgt tuh kalo ada yg ngeremehin dan nganggep lemah cewek. gw sendiri jg lg berusaha nih biar bisa jd cewek mandiri yg tough!! kalo buat masalah ngadepin hidup, gw ga mo kalah sama cowok dan berusaha buat bisa ngelakuin hal2 yg selama ini cuma keliatan keren kalo di lakuin sama cowok..
well, intinya sihh, yakinlah kalo wanita itu mulia.. kalo ga ada wanita, lalu bayi2 itu lewat mana donk lahir kedunianya?? hehe..
kalo soal kesetaraan gender dalam masalah asmara, gw no comment ah bep!! hohooo...

pLenD bRotHer FaMiLy said...

ya sampe kapanpun buat ngbahas kesetaraan gender emang ga akan ada habisnya tuk dibahas,,semua itu blik lg k'pribadi masing - masimg!!

suko said...

kembali ke manusianya itu sendiri

Doni Gema Ramadhan said...

ugghhhh..........


oke jg topkna yg diangkt,

emank ci, cw ngen dianggap setara dg laki2. tp dliat lg dr sikonna dlu....
bktina da presiden "prempuan"


trz smgat, biar jd mentri pemberdaya wanita..